Dear kawan kawan s3rious semua.
Dengan ini saya menyatakan akan membagikan sepenggal ilmu dan prinsip dasar Jet
Ranger.
Berikut saya akan sedikit
menjelaskan beberapa bagian di dalam dapur ledak, dimana gambarnya sebagai
berikut :
Berikut adalah sebuah ilustrasi
dimana pemasukan sesuatu ke dalam sesuatu,,,hmmmmm….husss,,,dah ahhh jangan
mikir macem-macem. Berikut adalah gambar dimana ilustrasi masuk nya udara dan
bensin di dalam ruang ledak, sebagai berikut :
Kalo agan liat dari gambar
sesuatu itu, dimana garis biru adalah udara , merah adalah bensin dan hitam
adalah gas CO. Mungkin ada beberapa dari para pembaca, kenapa ada Gas CO di
dalam ruang ledak? Dan apa efeknya kalau Gas CO hanya berkumpul di satu
titik???
Gas CO adalah hasil gas sisa dari pembakaran, dimana Gas CO akan dibuang melalui klep pembuangan. Namun ada kalanya Gas CO tidak 100% terbuang, dan tersisa di dalam ruang ledak. Gas CO akan menghalangi tenaga dorong ke piston, oleh karena gas CO tidak akan terbakar.
Berikut adalah ilustrasi hasil
dorongan dari hasil ledakan, sebagai berikut :
Apa efek samping apabila dorongan
terhadap piston pincang???? Bayangkan anda sedang di dalam sebuah lorong
sempit, dan om semua disuruh untuk mendorong lemari yang besarnya pas dengan
lorong. Akan terasa berat dan terjadi gesekan bukan??
Berikut adalah ilustrasi dari
pemutaran udara dari bentuk udara yang lurus menjadi berputar dengan
menggunakan Jet Ranger?
Dari gambar kita akan
bisa membayangkan, udara yang berputar akan mengaduk-ngaduk bensin dan gas sisa
di dalam ruang ledak, sehingga ledakan yang akan terjadi setelah semua klep
tertutup dan busi menyala akan merata, berikut ilustrasinya :
Dengan tekanan yang ke segala
arah, maka kerja dari piston akan lebih enteng, mengurangi gesekan piston
dengan dinding piston dan menambah tenaga dari mesin karena gesekan sangat
diminimalisir.
Note:
Jet Ranger bukan sebuah alat
untuk menambah banyaknya udara yang
masuk. Jet Ranger hanya memutar
udara yang lurus menjadi berputar.
Apabila udara yang masuk jauh
lebih banyak, maka akan terjadi over kompresi, karena udara yang masuk akan
lebih padat dan menambah beban kompresi di dalam ruang ledak.
Over kompresi bisa terjadi
apabila menambahkan alat yang dapat
menambahkan debit dari udara.
Demikian sekilas tentang prinsip
putar memutar udara ala Stevanus.
Terima kasih atas perhatiannya
dan salam,
3 comments