Bagi pemilik mobil pertamakali mungkin kegalauan anda gk berakhir dipersoalan waktu inden, tentang kondisi dan perawatan mobil baru, fleksibilitas pembayaran jika pembelian dgn cara kredit, aksesoris untuk mempercantik mobil, dst. Tak jarang mereka juga harus dipusingkan dgn masalah asuransi untuk mencover hal yg tidak diinginkan yg sewaktu2 bisa saja terjadi. Untuk mereka yg melakukan pembelian dgn cara leasing, biasanya jenis dan biaya asuransi sudah dipaketkan dalam hitungan pembayaran cicilannya. Nah bagi mereka yg membeli secara cash, paket asuransi ini tidak diikutsertakan. Untuk itulah konsumen bertanya2, asuransi apa yg cocok untuk mobilnya. Asuransi mana yg mempunyai jaringan bengkel yg bagus dan banyak serta mudah dalam proses klaim, dsb.
Buat rekan2 yg masih galau mengenai asuransi, mari kita simak kutipan tips2 memilih asuransi berikut ini!
1. |
Calon
nasabah jangan terpaku pada tarif premi murah. Sebab, dalam persaingan
dewasa ini, banyak perusahaan
asuransi yang banting harga,
menawarkan tarif premi murah. Padahal belum tentu ada jaminan pelayanan.
|
2. |
Lihat paket asuransi yang ditawarkan. Misalnya luas jaminan sampai seberapa banyak. Sebab, luas jaminan
ini harus disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan calon nasabah.
|
3. |
Lihat pula
jaringan dari perusahaan asuransi yang bersangkutan. Misalnya berapa
banyak punya kantor cabang atau
berapa banyak punya bengkel rekanan,
sehingga begitu ada klaim tidak menunggu lama guna memperbaiki
kendaraan atau melaporkan kendaraan yang hilang.
|
4. |
Bisa ditanyakan lebih dahulu kemudahan, fasilitas atau nilai tambah apa yang bisa diperoleh bila membeli
polis di perusahaan itu. Misalnya, apakah ada mobil derek, mobil pengganti atau hotline service,
jasa montir, mobil ambulans dan
lain sebagainya. Dan, yang tak kalah
pentingnya adalah kemudahan untuk melakukan perubahan-perubahan serta
kemudahan dalam bertanya.
|
5. |
Perlu
dipertimbangkan pula bonafiditas perusahaan asuransinya. Jangan sampai
begitu ada klaim, bengkel rekanan pun
tidak punya. Sebab, banyak
perusahaan asuransi mengklaim mereka adalah yang terbaik. Padahal
kondisi keuangannya sudah sangat parah.
|
Selain yang tersebut di atas, masih ada beberapa
faktor yang seharusnya dipertimbangkan dalam proses memilih suatu
perusahaan asuransi termasuk dalam
memilih produk. Hal yang perlu
diingat bahwa dalam memilih perusahaan asuransi swasta, maka yang harus
dipertimbangkan secara umum adalah tiga faktor.
Pertama, kekuatan keuangan (security). Kedua, jasa (service).
Dan ketiga, biaya atau beban. Kekuatan keuangan
asuransi menyangkut kemampuan
keuangan perusahaan tersebut untuk memenuhi janjinya jika keadaan
membutuhkan. Hal ini penting diketahui, karena tidak sedikit perusahaan
asuransi yang tampak
di luarnya mentereng. Misalnya
gedungnya bertingkat, kendaraan direksinya bagus-bagus. Tetapi tatkala
terjadi klaim dari nasabah, perusahaan tersebut tidak mampu membayar.(www.asuransi-mobil.com)
Nahh..dari kutipan diatas kemudian muncul pertanyaan dalam benak kita. Adakah asuransi yg ideal untuk mobil yg kita cintai? Jawabannya tentu ada, namun hal ini kembali lagi tergantung dari kebutuhan dan tingkat kepuasan konsumen juga. Biasanya asuransi dgn pelayanan yg baik serta pengerjaan bengkel yg memuaskan biaya preminya diatas rata2. Namun demikian hal ini jg tak sepenuhnya benar. Karena beberapa asuransi belakangan ini, dimana asuransi tersebut memiliki grup perusahaan yg besar dan ternama jg telah menerapkan premi yg bersaing. So, mungkin hal awal untuk mendapatkan asuransi yg kredibel adalah dgn mencari info sebanyak2nya tentang asuransi yg akan kita gunakan. Temukan review dari konsumen diforum2 independen yg telah menggunakan asuransi tersebut apakah pelayanan yg diberikan sudah memuaskan. Jika sudah, maka mantapkan hati untuk segera mendaftarkan mobil anda pada asuransi tersebut. Dan jika dibelakang hari anda merasa puas atau sebaliknya banyak menemukan masalah dgn asuransi dimaksud, maka janganlah berpelit informasi untuk menyimpannya sendiri. Bagikan review anda kepada org lain, kiranya dapat menjadi acuan dan bermanfaat adanya.
Kalo ditanya pengalaman soal asuransi mobil, gw baru dua kali menggunakan asuransi di mobil yg pernah gw pake. Dulu pertama kali menggunakan asuransi tit******t (sensor), saat hendak klaim semua urusan gw serahkan ke sales asuransinya. Gak ribet memang prosesnya, gw tinggal tandatangan SPK, mobil langsung nginep sekitar 2 mingguan di bengkel. Tapi tatkala mobil selesai dari bengkel, gw baru merasa kecewa. Pengerjaan bengkel sangat tidak rapi, disamping itu kondisi didalam mobil acak2an dan tidak rapi, kilometer melenjit sekitar 5ribuan. Dalam hati sempet berfikir, ini mobil masuk bengkel apa dijadikan alat antar jemput karyawan?? Komplain gw lakukan, tapi dari pihak salesnya dgn santainya mengatakan sudah cukup rapi pengerjaannya dan masalah kilometer mungkin bisa jadi akibat pergerakan saat pengerjaan di bengkel. Dari jawaban yg terkesan membela diri dan mengada2 itu, akhirnya gw mundur dan males untuk komplain lg. Untuk tahun berikutnya gw gk memperpanjang asuransi itu lg, bukan cuma karena sangat kecewa dgn pengalaman yg terjadi saat klaim..tapi emang mobilnya jg dijual gk ada duit buat nutup biaya hidup sehari2, wakakakakak..
Dan kini, dimobil Ertiga ini gw menggunakan asuransi ACA otomate (sorry bukan promosi, tp kalopun nanti dapet cendol dari sales ACA ya gk nolak jg...wkwkwkwkwk). Asuransi dgn fasilitas mobil pengganti jika mobil kita sedang dalam perbaikan dibengkel, hebat bukan?? (tapi hanya berlaku di Jabodetabek). Nah, kemarin gw baru aja klaim sendiri ke kantor ACA-nya. Males dgn pengalaman terdahulu yg langsung berhubungan dgn sales asuransinya, gw coba klaim sendiri. Diluar dugaan, proses klaim gk seribet yg difikirkan. Pagi2 dateng ke kantornya, isi permohonan klaim, foto2, langsung bisa dibawa ke bengkel rekanan manapun sesuai pilihan kita. Wahhh...sesimpel ini. Tanpa babibu, langsung neng Erti gw bawa ke bengkel dan diopname.
Ehm...btw udah tiga hari ini neng Erti dirawat jadi gk bisa ketemu (sementara fitur otomate gk ada karena posisi udah bukan wilayah Jabodetabek lg). Tunggangan gw ke kantor ganti pake R2 (roda dua), kena panas kena ujan deh. Duh jadi kangen sama empuknya jok neng Erti, ngelus bodi aduhainya, ngeremes bokong semoknya..pokoknya kangen bangetlah. Moga seminggu ini kelar masa opname neng Erti dan bisa jalan2 bareng lg. Semoga...I miz u so mach Neng Erti...(jajamiharja)
9 comments